Friday, January 2, 2015

Raja Ampat, Surga Bawah Laut Papua



Raja Ampat - Inilah primadona paling juara dari Pulau Papua. Raja Ampat di Papua Barat didatangi traveler dari segala penjuru dunia. Mereka tersihir dengan keajaiban surga bawah lautnya mulai dari terumbu karang sampai ikan eksotis.

Mengunjungi Kepulauan Raja Ampat sepertinya memang menjadi impian banyak traveler, keindahan bentangan alam ditambah pemandangan bawah laut yang mempesona menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Berada di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, ini adalah tempat terbaik untuk dijadikan lokasi menyelam dengan keanekaragaman hayati yang masih alami.

Kepulauan Raja Ampat memiliki luas 4,6 juta hektar mencakup tanah dan laut, merupakan surga bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Bersiaplah untuk sebuah pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup Anda ketika sudah menyelami laut Raja Ampat yang mempesona.


Jika traveler ingin mendapatkan keseruan, menyelam atau pun snorkeling di tempat ini memang menjadi sebuah keharusan. Hanya di Raja Ampat Anda bisa berdekatan dengan sekelompok ikan manta dan penyu, dan mengeksplor kapal yang sudah karam. Suguhan alam mencengangkan yang menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia.

Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang keren dan ratusan pulau kecil eksotis di sekitarnya, Anda bisa menyewa perahu kecil nelayan untuk puas mengelilingi pulau-pulau ciamik tersebut. Selain keindahan bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki keindahan alam lainnya berupa ragam fauna unik seperti cenderawasih botak, cenderawasih merah, maleo waigeo, dan kus-kus.

Untuk menuju Raja Ampat Anda bisa mengunakan penerbangan menuju Sorong, lalu traveler lanjutkan menggunakan perahu speed boat dan perahu panjang. Harga sewa grup untuk speed boat adalah sebesar 2 juta rupiah untuk 15 orang dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit, sedangkan harga sewa perahu panjang adalah seharga 1,2 juta rupiah dengan 10 maksimal penumpang dengan waktu tempuh 2-3 jam.

Untuk menunjang aktivitas wisata Anda, di Raja Ampat juga tersedia berbagai jenis penginapan, mulai dari resor hingga hotel. Beberapa penginapan tersebut antara lain seperti Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya, Perkemahan pulau, Kri Eco Resort yaitu resor tradisional yang dibangun di atas air dan Boathouse atau rumah perahu.

Raja Ampat memang belum menjadi lokasi wisata yang umum dan masih terbatas orang yang mendatanginya. Kurang lebih Anda harus mempersiapkan dana diatas Rp 10 juta untuk bisa menikmati resor nyaman dan surga alam bawah laut Raja Ampat, meskipun terbilang mahal tapi itu tidak dijadikan alasan bagi traveler pencinta keindahan alam Indonesia. Pemandangan alam yang luar biasa dan kepuasan yang tak terhingga seharga dengan biaya besar yang kita keluarkan.



referensi : detik.com

No comments:

Post a Comment