Friday, January 2, 2015

Aneka Jalan Menuju Bumi Cendrawasih Papua

Papua sering jadi destinasi impian karena butuh banyak usaha untuk bisa liburan ke Bumi Cendrawasih. Jangan kuatir, ini beragam opsi transportasi yang bisa dipilih jika ingin liburan ke Papua.

Hasil penelusuran detikTravel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk sampai ke Papua. Dua di antaranya adalah dengan menggunakan kapal laut dan pesawat. Nah untuk kapal laut, PT Pelni jawabnya.

Ada 3 pintu keberangkatan, yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar. Sedangkan kapal yang melayani rute tersebut ada 8 armada. KM Labobar melayani rute Serui, Jayapura, Nabire, Manokawari, dan Wasior Sorong. Ada juga KM Dobonsolo dan Ciremai yang melayani rute Sorong, Manokwari, dan Jayapura.

Lalu KM Nggapulu yang melayani rute Fak-fak, Sorong, Manokwari, Wasior, Nabire, Serui, dan Jayapura. KM Dorolonda melayani rute Fak-fak dan Sorong, sedangkan KM Lambelu melayani rute Sorong, Manokwari, Wasior, Nabire, Biak, dan Jayapura.


KM Tidak melayani rute Fak-fak dan Kaimana, KM Kelimutu melayani rute Timika, Agats, dan Merauke. Yang terakhir, KM Tatamailau melayani rute Timika, Agats, Merauke, Sorong, Fak-fak, dan Kaimana.

"Yang berangkat dari Tanjung Priok (Jakarta) itu KM Dobonsolo, KM Ciremai, KM Tidar dan KM Gunung Dempo. Yang ke Jakarta, otomatis ke Surabaya. Sedangkan sisanya berangkat dari Makassar," ujar staf Humas PT Pelni, 

Untuk rute Jakarta-Sorong, harga yang ditawarkan untuk kelas 1A orang dewasa adalah Rp 2,9 juta, untuk anak-anak Rp 2,2 juta, bayi Rp 300 ribu dan manula Rp 2,9 juta. Semua itu adalah harga untuk sekali jalan. Harga tersebut sudah termasuk biaya masuk pelabuhan, asuransi, dan angkutan bandar (jika ada).
Harga bisa berbeda tergantung di mana Anda membeli tiket. Untuk tujuan lain, bisa ditengok di situs langsung, www.pelni.co.id.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pesawat. Maskapai yang pertama adalah Garuda Indonesia. Untuk perjalanan dari Jakarta ke Sorong pada bulan Januari, harga yang ditawarkan untuk perjalanan pulang pergi adalah Rp 7,3 juta.

Sedangkan untuk Jakarta-Jayapura PP dihargai Rp 5,1 juta. Jakarta-Timika PP Rp 6,7 juta. Terakhir, untuk Jakarta-Merauke PP dengan Garuda Indonesia adalah Rp 6,6 juta.

Kini dengan menggunakan Sriwijaya Air, untuk perjalanan Jakarta-Sorong di kelas Ekonomi adalah Rp 5 juta PP. Jakarta-Jayapura pulang pergi adalah Rp 4,5 juta. Terakhir, Jakarta-Merauke PP Rp 7 juta dan Jakarta-Biak PP Rp 4,7 juta.

Jika menggunakan Lion Air, Jakarta-Sorong PP adalah Rp 5,7 juta. Sedangkan Jakarta-Merauke untuk pulang pergi adalah Rp 6 juta. Untuk Jakarta-Jayapura pulang pergi adalah Rp 4,1 juta.



referensi : detik.com

No comments:

Post a Comment