Friday, January 2, 2015

Ada Salju Abadi di Papua


Meski negara tropis, Indonesia ternyata mempunyai salju abadi. Inilah salju yang ada di Puncak Carstensz, Papua yang juga menjadi salah satu titik tertinggi di dunia. 

Puncak Carstensz berada di Pegunungan Jayawijaya yang mencakupi 3 kabupaten, yakni Puncak Jaya, Intan Jaya dan Mimika. Mengapa ada salju di sana? Sebab ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl yang menyebabkan udara di atasnya sangatlah dingin. Puncak Carstensz pun menjadi puncak tertinggi di Indonesia dan satu dari
'Seven Summits', alias tujuh puncak tertinggi di dunia.

Penemu dari puncak tersebut, sesuai ditulis oleh situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel, adalah Jan Carstensz yang merupakan penjelajah asal Belanda. Dia melihat ada puncak yang tertutup salju di sana pada tahun 1623. Namun, para pendaki dan traveler setelah Jan Carstensz baru bisa mendaki puncaknya pada tahun 1963, karena medannya sudah bisa dikenali.

"Luas salju abadinya mencapai 5.800 hektar. Banyak keajaiban di sana, ada salju abadi, hujan es, sungai terbalik yang mengalir dari bawah ke atas, sungai yang berisi kandungan air garam dan masih banyak.

Bagi traveler yang mau mendaki Puncak Carstensz, benar-benar harus disiapkan fisik yang prima. Traveler harus melatih fisik seperti jogging atau panjat tebing selama tiga bulan sebelum waktu pendakian. Suhu di atas puncaknya saja mampu mencapai 0 derajat Celcius!

Cara untuk menuju ke Puncak Carstensz adalah dari Jakarta Anda bisa naik pesawat menuju Timika atau Nabire. Lalu, dilanjutkan naik pesawat perintis yang hanya berkapasitas 12 kursi menuju Sugapa di Intan Jaya. Dari sana, perjalanan dilanjutkan 8 jam ke Desa Ugimba dan perjalanan menuju Puncak Carstensz bisa sampai 4 hari paling cepat.

"Salah satu yang dikeluhkan traveler adalah soal keamanan. Tapi saya jamin, sejak tahun 2006 sampai sekarang, perjalanan ke Puncak Carstensz sangat sangat sangat aman. Sebab, Puncak Carstensz menjadi sumber pendapatan dari masyarakat setempat. Turis yang berwisata ke sana tentu membawa kesejahteraan," 

Adventure Carstensz yang dimiliki Maximus menawarkan paket perjalanan ke Puncak Carstensz. Asal tahu saja, operator tur ini adalah dari Yayasan Somatua yang dikelola langsung oleh masyarakat di Kabupaten Intan Jaya.

"Menuju Puncak Carstensz bisa bulan apa saja. Untuk wisatawan Indonesia, harganya kisaran Rp 30-40 juta. Itu sudah tiket pesawat, makan, porter, guide dan berbagai izin. Lama perjalanannya sendiri bisa sampai satu minggu.



referensi : detik.com

No comments:

Post a Comment