Tuesday, March 31, 2015

TANGGUNG JAWAB

TANGGUNG JAWAB
Apa itu tanggung jawab?
            Menurut saya tanggung jawab adalah kewajiban untuk menanggung segala hal yang kita perbuat dalam hal bertingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja.
            Sebagai contoh saya sendiri sekarang adalah sebagai Mahasiswa. Apa sih tanggung jawab sebagai Mahasiswa? Nah tanggung jawab sebagai mahasiswa itu ada banyak diantaranya yaitu untuk mengikuti peraturan-peraturan yang dibuat oleh kampus dan bukan untuk dilanggar, berpakaian / berpenampilan sopan, berbicara sopan, belajar dengan giat, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pengajar serta tidak absen / tidak hadir untuk mengikuti pelajaran. Itu adalah sebagian kecil dari contoh tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa di kampus.
            Tanggung jawab di dalam keluarga pun ada. Apa sih tanggung jawab sebagai anak dimata orangtua? Menurut saya, ada banyak tanggung jawab sebagai anak diantaranya
yaitu kita sebagai anak harus menghormati dan selalu mendengarkan nasihat dari orang tua kita, walaupun terkadang kita merasa sudah benar dengan apa yang kita perbuat. Selain menghormati dan mendengarkan nasihat dari orang tua, kita juga harus selalu membahagiakan orang tua kita walaupun terkadang kita merasa sedih, tetapi kita harus berusaha sebisa mungkin untuk menyimpan kesedihan kita demi membahagiakan orang tua kita serta menjadi anak yang soleh dan soleha dan mendoakan orang tua kita agar selamat dunia dan akhirat.
            Sebagai warga negara Indonesia pun saya mempunyai tanggung jawab yaitu berbakti untuk bangsa dan negara, mentaati peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah, menjaga nama baik bangsa dan negara serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Terkadang kita lupa akan tangung jawab kita sebagai warga negara, contoh kecil adalah untuk membayarkan pajak. Terkadang saya melihat banyak kendaraan bermotor yang belum membayar pajak dalam arti tidak tepat pada waktu / menunggak bayaran yang sudah ditentukan waktunya untuk melakukan pembayaran pajak tersebut. Ada yang sampai bertahun tahun tidak membayar pajak tersebut. Ayolah kita sama-sama menjadi warga negara yang jujur dan disiplin serta mulai dari sekarang budayakan untuk tidak telat dalam melakukan pembayaran pajak.

            Ada lagi tanggung jawab sebagai masyarakat umum di lingkungan rumah yaitu ikut dalam berbagai kegiatan yang di selenggarakan dari RT RW diantaranya kerja bakti. Mari kita sama-sama untuk menjaga kebersian dan kelestarian lingkungan disekitar rumah kita. Akan tetapi terkadang saya masih melihat banyak masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat. Alangkah baiknya kebiasaan ini untuk dihentikan dan mulai dari sekarang buanglah sampah pada tempat yang telah di sediakan bukan di jalanan. Buat lingkungan kita bersih, indah dan nyamah agar dapat hidup sehat.

            Sebagai umat yang beragama, apa sih tanggung jawab kita sebagai umat yang beragama dan tanggung jawab kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa? Sebagai umat beragama, kita harus saling menghormati dan menghargai. Kita juga harus membangun silaturahmi untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Untuk tanggung jawab kita terhadat Tuhan Yang Maha Esa yaitu beribadah. Selain beribadah kita juga harus menjalani perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebagai contoh kecil yaitu rajin beribadah, bersedekah, tidak memfitnah karena ada pepatah yang menyatak bahwa “fitnah lebih kejam dari membunuh” dan kita harus jujur karena kalau berbohong kita akan mendapatkan dosa.

No comments:

Post a Comment