Sunday, November 17, 2013

Tutorial membuat "MEJA SEDERHANA" menggunakan Aplikasi BLENDER


  •  Install aplikasi blender
  •  Running aplikasi blender
  • Tampilan awal setelah running program, sudah tersedia bangun balok 3D.
  • Untuk memulai dari awal, delete objek tersebut. Setelah itu untuk membuat sebuah objek baru dengan cara mengklik Menu main toolbar Add (yang berada disebelah kanan Menu File) atau tekan Shift + A
  • Pilih objek berbentuk balok dari submenu Mesh (didalam Menu main toolbar Add), kemudian kita pilih Cube seperti pada gambar berikut :
  •            Jika berhasil, maka akan muncul objek 
  • ·      Untuk memanipulasikan objek tersebut atau diubah menjadi sebuah papan. Papan ini adalah          komponen pertama dalam pembuatan meja.
  • ·    Untuk memanipulasi atau mengubah objek tersebut menjadi papan dengan cara mengubah ukuran menjadi lebih panjang (berpengaruh terhadap sumbu X atau sumbu Y), dan tingginya diubah menipis (berkurang ketebalannya yang hanya berpengaruh terhadap sumbu Z)
  • ·        Untuk Mengubah objek menjadi lebih panjang atau lebih lebar (perubahan ukuran), dengan menggunakan tombol keyboard S + X ((tekan tombol terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol X) perubahan ukuran yang berpengaruh terhadap sumbu X) atau kombinasi tombol keyboard  S + Y (perubahan ukuran yang berpengaruh terhadap sumbu Y), begitu pula dengan kombinasi tombol keyboard S + Z (perubahan ukuran yang berpengaruh terhadap sumbu (untuk ketebalan objek)).
  • ·       Untuk melihat sudut pandang objek yang akan diubah, yaitu dengan cara menekan tombol tengah pada mouse, lalu kita gerakkan atau kita atur sudut pandangnya. Dan cara yang lainnya adalah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Numpad 3 (untuk sudut pandang sebelah kiri), tombol keyboard Numpad 3 (untuk sudut pandang sebelah kanan), kombinasi tombol keyboard Ctrl + Numpad 1 (untuk sudut pandang sebelah belakang), tombol keyboardNumpad 1 (untuk sudut pandang sebelah depan), kombinasi keyboard Ctrl + Numpad 7 (untuk sudut pandang sebelah bawah), dan tombol keyboard Numpad 7 (untuk sudut pandang sebelah atas).
  • ·         Jika telah diubah ukuran panjangnya, maka objek tersebut berubah menjadi balok, seperti pada gambar berikut ini :


  • ·  Setelah mengubah ukuran panjangnya (di gambar, ukurannya berubah terhadap sumbu Y yang digambarkan pada garis hijau atau panah hijau ), maka langkah selanjutnya kita mengubah ketebalannya menjadi lebih tipis menggunakan kombinasi tombol keyboard S + Z seperti pada gambar berikut ini :



  •         Jika sebuah komponen meja pertama yaitu berupa papan, selanjutnya membuat komponen meja     kedua, yaitu berupa kaki kaki meja.
  • ·   Untuk membuat kaki kaki meja dengan cara klik Menu main toolbar Add, lalu pilih Mesh >> pilih Cube. Atau dengan menekan tombol kombinasi keyboard Shift + A. Setelah objek baru berhasil ditampilkan atau di masukkan (add) ke dalam layar, maka dimanipulasikan atau diubah bentuk balok tersebut menjadi bentuk kaki kaki pada meja. Jika sudah dibuat, cara untuk memindahkan objek/model yaitu dengan menggunakan tombol keyboard G (perpindahannya berpengaruh terhadap semua sumbu (X,YZ,)), lalu pilih objek tersebut dengan mengklik tombol mouse sebelah kiri kemudian ditaruh atau dipindahkan ke bawah papan meja tersebut. Jika ingin lebih rapih dalam perpindahan ataupun peletakan kaki kaki pada meja tersebut, kita dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard G + X(berpengaruh terhadap sumbu X), G + Y (berpengaruh terhadap sumbu Y), dan G + Z(berpengaruh terhadap sumbu Z). Hasilnya dapat kita lihat sebagai berikut :



  •      Setelah itu, tinggal 3 kaki meja yang belum dibuat. Untuk membuat 3 kaki meja, maka 1 sampel kaki meja yang telah dibuat sebelumnya, diduplikasikan dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Shift + D kemudian diperbanyak menjadi 3 buah kaki meja, dengan begitu ukuran kaki meja menjadi sama. Tetapi sebelumnya harus membuat 1 kaki meja dari penduplikasian 1 buah kaki meja yang telah dibuat sebelumnya, dan pindahkan kearah sumbu Y (garis hijau atau panah hijau) agar penempatannya terlihat rapih. Seperti pada gambar berikut ini :




  • ·    Kemudian tersisa 2 kaki meja yang belum dibuat dengan cara duplikasikan 2 kaki meja (pilih keduanya dengan cara klik 1 kaki, kemudian tahan tombol keyboard Shift, setelah itu klik 1 kaki berikutnya) yang telah dibuat sebelumnya, lalu geser 2 kaki tersebut kearah sumbu X (garis merah/panah merah) agar terlihat rapih. Hasilnya akan seperti pada gambar berikut ini :


  • ·   Setelah melakukan hal tersebut, dapat dilihat bahwa bentuk kumpulan dari berbagai objek tersebut telah menyerupai meja. Sekarang tinggal menggabungkan objek objek tersebut agar dapat dengan mudah mengubah ukuran meja tersebut, baik panjang maupun lebarnya dengan cara pilih semua objek yang ingin digabungkan dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl + J. Maka hasil akan seperti ini :
  •      Jika meja tersebut ingin di warnai agar terlihat lebih bagus, maka sebelum digabungkan tiap tiap objek menjadi sebuah meja, warnai tiap tiap objek tersebut dengan warna yang sesuai dengan selera, dengan cara kita klik icon Material yang berada pada sebelah kanan layar, lalu kita klik New. Seperti pada gambar berikut ini :


  • ·    Setelah itu akan muncul submenu seperti Preview, Diffuse, Specular, Shading, Transparency, dll. Pilih submenu Diffuse, lalu klik pemilihan warnanya, kemudian pilih warna. Seperti pada gambar berikut ini :
    • ·    Selanjutnya warnai kaki kaki pada meja dengan warna pilihan sesuai keinginan. Jika telah diberi warna, maka gabungkan semua komponen komponen meja menjadi satu dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + J. Maka contoh hasilnya akan seperti berikut ini :


    • ·   Setelah diwarnai dan digabungkan semua komponen komponen meja tersebut, maka terbentuklah objek meja dengan warna. Selanjutnya hasil akhirnya ialah objek tersebut di renderingkan (cetak) ke dalam bentuk gambar yang memiliki resolusi yang cukup baik dengan cara klik Menu main Toolbar Render (disebelah kanan Menu main toolbar Add), kemudian pilih Render Image atau dengan cara  menekan tombol keyboard F12. Seperti pada gambar berikut ini :
    •       Setelah mengklik Render Image, maka hasil renderingnya akan nampak seperti pada gambar berikut ini :

    No comments:

    Post a Comment