Wednesday, November 28, 2012

KONSEP KONVERGENSI MEDIA


Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Perkembangan konvergensi media

Konvergensi pada umumnya berarti persimpangan media lama dan baru. Henry Jenkins menyatakan bahwa konvergensi adalah, “Aliran konten di platform beberapa media, kerja sama antara industri beberapa media, dan perilaku migrasi khalayak media.”
Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi dengan orang
lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk-bentuk baru media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial, dan tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi untuk para produsen perusahaan media.
Gerakan konvergensi media tumbuh secara khusus dari munculnya Internet dan digitalisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi isi/ konten). Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins pada tahun 2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat.

Pendukung konvergensi media

Ø  Media massa konvensional (Televisi, radio, surat kabar dll)
Ø  Internet
Ø  Perangkat lunak atau software
Ø  Bentuk media baru akibat konvergensi media



    CONTOH KONVERGENSI MEDIA

    Telepon genggam yang dapat berfungsi sebagai televisi, mendengarkan musik, memotret dan mengakses internet. Beberapa tahun yang lalu, hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh beberapa peralatan yang berbeda. Tapi, sekarang semua aktivitas tersebut dapat di lakukan hanya dalam satu media yakni telepon genggam. Bahkan kita dapat menggunakan layanan 3G untuk berkomunikasi sambil bertatap muka dengan lawan bicara kita.



No comments:

Post a Comment